Redwoodinvesting

3 Bacaan yang Membuat Seseorang Menjadi Investor yang Lebih Baik Setiap Tahun – 90% Melewatkan Bacaan No 1

Sampurna Tanzil
Sampurna Tanzil

Business Investor

Sekitar 12 tahun lalu, saya pernah bekerja di salah satu perusahaan FMCG yang cukup besar di Indonesia, memiliki produk yang terkenal dan seringkali menjadi market leader di niche produknya. Dan pada waktu itu, saya cukup beruntung, karena selama 8 tahun berikutnya saya bekerja untuk mengerjakan beberapa proyek pengembangan sumber daya manusia langsung di bawah divisi yang dikepalai oleh CEO-nya. Meskipun CEO-nya adalah generasi kedua dari pendiri perusahaan, namun beliau benar – benar true learner dan good executor. Saya banyak sekali belajar pada saat itu tentang dinamika sebuah bisnis karena saya juga mengerjakan beberapa proyek di beberapa perusahaan yang ia miliki. Dan ada satu hal yang saya notice ketika bekerja sama dengan pak CEO tersebut. He is a reader.

Ketika ada pertemuan yang beberapa kali diadakan di rumahnya, terlihat banyak sekali tumpukan koran dan majalah (ada 3 – 5 koran dan sekitar 2 – 3 majalah) yang ia subscribe. Terlihat juga beberapa buku yang pernah ia baca yang pada saat itu nampak cukup banyak bagi saya (tapi kalau sekarang saya pede buku saya di rak lebih banyak =D joke dikit). Buku – buku, koran dan majalah tersebut terletak di pojok ruang keluarganya yang cukup besar. Dan dari kenampakannya, saya cukup yakin semua bacaan tersebut sudah dibacanya (mungkin dia paham betul istilah “leader is always a reader“.

Nah, lalu terlintas ide yang menurut saya sangat masuk akal sekali pada saat itu. Dikarenakan saya pada saat itu juga ingin jadi orang sukses seperti CEO tersebut, maka saya memutuskan untuk juga subscribe beberapa bacaan yang secara regular beliau baca, yang sebenarnya jika saya ingat – ingat lagi nominal harga beli totalnya cukup mahal juga buat saya pada saat itu, yang saya ingat saat itu adalah koran kompas, majalah SWA, dan Forbes yang tentu banyak membahas tentang bisnis.

Lalu bagaimana hasilnya? Apakah saya belajar banyak dari bacaan – bacaan tersebut?
Ternyata, tidak ….. (dapat knowledge tetapi tidak signifikan).

Koran harian, mingguan, tabloid bisnis setelah beberapa saat lalu saya renungkan lagi, hanyalah merupakan 1 dari 3 jenis bacaan yang esensial untuk dibaca jika kita ingin menjadi pebisnis atau investor yang sukses. Koran dan tabloid adalah kelompok bacaan “opportunity update” (nanti akan kita bahas lebih dalam di bawah).
Saya melewatkan beberapa (atau mungkin banyak sekali) jenis bacaan yang pertama dan kedua. Bacaan seperti apa itu? Mari kita bahas dengan lebih dalam pada thread ini.

================

Membaca banyak tidak selalu benar, tetapi kurang membaca pasti tidak benar

Setalah dalam beberapa tahun terakhir ini membaca (dan juga dengerin podcast dan seminar atau semacamnya), saya menyimpulkan bacaan sebenarnya ada 3 golongan :

1. Yang utama dan yang paling penting, bacaan tentang how to operate / how to think
2. Berikutnya, bacaan tentang benchmarking
3. Yang terakhir barulah, bacaan tentang scouting / opportunity update

Menitik beratkan bacaan kepada salah satu golongan saja tidak akan pernah membuat kita menjadi seorang pebisnis / investor yang baik, berapa banyakpun kita baca di salah satu golongan bacaan saja.

How to Operatereading

Saya selalu beranggapan, investasi (saham/bisnis) seharusnya adalah game yang simpel untuk dimainkan. Ibarat Playstation, yang tombolnya hanya 2, buy dan sell. Sudah 2 itu saja.
Jadi mudah dong? eh tunggu dulu, Charlie Munger, tangan kanan Warren Buffett sudah pernah memperingatkan sebelumnya …..

“Anyone who think investing easy is stup*d”

Meskipun investasi terlihat simpel tetapi sangat jauh dari kata mudah. Dan kesulitan yang terbesar adalah psychology, atau dapat dikatakan penyebab kesulitan yang terbesar adalah diri kita sendiri.

Oleh karena itu sangat penting mempelajari hal – hal seperti,
– bagaimana mengelola keuangan,
– pentingnya tidak ikut arus dalam berinvestasi,
– pemahaman tentang investasi bukan hanya tentang return tetapi juga pengelolaan resiko,
– investasi tidak sama dengan fisika dan matematika karena banyak hal yang seharusnya terjadi tidak terjadi dan sebaliknya,
– serta banyak hal lain yang berkaitan dengan pemahaman kita sebagai manusia, terutama mengenal diri kita sendiri (belum ngomongin tentang teknik sama sekali).

Contoh bacaan golongan pertama ini antara lain :
1. The most important things – Howard Marks (investor dengan kekayaan sekitar Rp 30 Triliun)
2. Principles – Ray Dalio (investor dengan kekayaan sekitar Rp 300 Triliun)
3. Poor Charlie’s Almanack – Charlie Munger (tangan kanan Warren Buffett – net worth sekitar Rp 30 Triliun)
4. Thinking Fast and Slow – Daniel Kahneman (psychologist economic behaviour, peraih nobel, yang bukunya terjual jutaan copy di tahun awal peluncurannya)

Oke, sekarang kita berajak kepada jenis bacaan kedua

Benchmarkingreading

Pak Lo Kheng Hong yang berhasil meraih puluhan bagger di saham UNTR, dapat meraih hasil tersebut, tentu bukan dikarenakan beruntung dan asal all in saja. Beliau tentu memiliki serangkaian cara berpikir yang logis dan kontrarian, sehingga dapat meraih profit ribuan persen di saat hampir semua orang berusaha lari dari saham perusahaan tersebut.

Beruntung, ada pak Lukas Setiaatmaja yang banyak menginisiasi sesi sharing dengan pak LKH sehingga runtutan berpikir pak LKH pada saat membeli UNTR sudah bukan misteri lagi.

Study case seperti contoh di atas adalah jenis bacaan yang kedua. Agar lebih mudah dan memahami sebelum mengambil keputusan investasi, kita perlu untuk belajar dari contoh kasus terbaik, inilah yang disebut dengan benchmarking. Semakin banyak kisah sukses (dan gagal) yang bisa kita pelajari dari orang lain yang telah menjalani keputusan investasinya pada saat itu, maka kita akan semakin mudah menemukan pola / pattern yang nantinya dapat kita gunakan sebagai semi-template untuk investasi kita sendiri di masa depan.

Contoh bacaan golongan kedua ini :
1. favorit saya, One up On Wallstreet dan Beating the Street – Peter Lynch (yang disebut sebagai salah satu manajer investasi tersukses yang pernah ada)
2. Security Analysis dan The Intelligent Investor – Ben Graham & David Dodd (benar 2 buku ini paling terkenal, tapi percayalah jangan baca buku ini sejak awal mulai berinvestasi. Mulailah membaca buku ini saat sudah mulai paham banyak istilah tentang investasi sebelumnya)
3. You Can Be A Stock Market Genius – Joel Greenblatt (manajer investasi dengan record 50% return per tahunnya)
4. Common Stock and Uncommon Profit – Philip Fisher (panutan Warren Buffett dalam menilai perusahaan)

Dan barulah kita sampai pada jenis bacaan ketiga,

Scouting – reading

Bacaan yang ketiga inilah yang paling banyak saya konsumsi di cerita awal artikel ini. Guess what, saya hampir tidak mendapatkan apa – apa yang cukup signifikan berpengaruh ke perjalanan karir bisnis dan investasi saya. Barulah ketika saya memperbanyak bacaan tentang biografi investor / pebisnis sukses (how to operate reading) dan cerita sukses berinvestasi pada saham tertentu (benchmarking reading), semua bacaan ketiga ini menjadi relevan.

Contoh bacaan ketiga ini antara lain :
1. Koran dan majalan mingguan bulanan
2. artikel di internet dan update dari newsletter
3. Update berita (atau gosip) dari rekan investor lain

keseimbangan akan membuat investor dan pebisnis menjadi lebih baik

Ibarat mau ujian akhir matematika,
1. How to operate-nya adalah buku rumus matematika,
2. Benchmarking-nya adalah buku tentang banyak soal latihan beserta cara mengerjakan dan jawabannya
3. Scouting-nya adalah buku ujian real-nya, yang kadang – kadang ujiannya mendadak.

Membaca atau update berita dari kontan atau bisnis.com setiap hari tidak akan membuat kita menjadi investor yang superior karena kita akan melewatkan banyak contoh soal yang serupa, yang sebenarnya dapat dikerjakan dengan rumus mudah yang terlah disediakan di buku rumus.

sehubungan dengan ini, biasanya ada beberapa pertanyaan lanjutan,

Bagaimana kalau sedang malas baca?
1. Mungkin bacaan kita terlalu banyak kepada 1 jenis bacaan, sehingga kita merasa suntuk karena tidak mendapatkan merasa puas dengan pemahaman yang kita miliki. Memang Buffett menyarankan kita banyak membaca annual report, tetapi annual report yang kita baca akan berguna jika kita sudah punya gambaran sebelumnya, bagaimana annual report yang baik dan kurang baik. Hal tersebut hanya akan kita dapatkan di 2 jenis bacaan pertama.
2. Membaca secara bebas, tidak harus sebagai kewajiban, lakukan kegiatan membaca jika memang kita ingin membacanya. There is always residual reading, bacaan yang tidak pernah kita gunakan informasinya. Perasaan rugi waktu, karena bacaan yang kita baca tidak digunakan, akan membuat kita malas membaca.

Start membacanya dari mana?
How to operate adalah bacaan yang paling penting menurut saya. Dan kemungkinan saya membaca terlalu banyak jenis bacaan pertama. Pada kasus saya, saya merasa itu adalah hal yang baik. Kecuali kamu sudah memiliki banyak pengalaman di banyak bisnis, membaca jenis bacaan no 3 saja hanya buang – buang waktu saja.

Berapa proporsi jenis bacaan yang sebaiknya saya baca?
Semakin pemula, semakin besar porsi yang harus kita berikan pada jenis bacaan no 1 dan no 2, semakin pengalaman bisnis dan investasi banyak, semakin titik beratkan pada bacaan no 3. Buffett sekarang ini menghabiskan banyak waktunya pada bacaan no 3.

Apa lagi yang harus diperhatikan dalam membaca?
Ini penting, meskipun menyebalkan,
Bacaanmu hanya berguna, hanya jika, memori tentang bacaan tersebut tersedia untuk kamu gunakan, alias kamu masih ingat apa saja yang pernah kamu baca. Dan salah satu alasan Buffett adalah investor terbaik abad ini adalah karena ia memiliki memori yang sangat baik, yang disebut dengan photographic memory.

Wah, kalau memory saya tidak terlalu baik tidak bisa dong menjadi investor?
Bisa, ada beberapa tips, tetapi kita bahas di artikel berikutnya ya

stay tuned
Sampurna,
16/8/23
01.43 am






7 thoughts on “3 Bacaan yang Membuat Seseorang Menjadi Investor yang Lebih Baik Setiap Tahun – 90% Melewatkan Bacaan No 1

  1. Mantab ko Sam. Kalau next time ada rekomendasi tambahan untuk bacaan no 1&2, diupdate lagi ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *